25 March 2014, Comments 0

Hidayatullahkudus.com –¬†Dengan suaranya yang lantang dan percaya diri yang tinggi, puluhan siswa SMP Luqman Al Hakim Hidayatullah kudus memeragakan rangkaian cerita, pada Jumat (7/2/2014).

Cerita yang dimainkan tentang sejarah Islam. Sabrina salah satu ketua kelompok mengatakan kelompoknya memeragakan cerita Nabi Ilyasa.

Sebelum tampil Sabrina mengarahkan kelompoknya untuk siap. “Harus sesuai antara narasi dengan peragaannya,” tegas Sabrian kepada anggota kelompoknya.

Ia mengatakan berusaha menampilkan aksesori pakaian kelompoknya sesuai dengan konteks cerita. Karena ceritanya ala timur tengah, pakaian jubah serba hitam pun dikenakan seluruh kelompoknya.

Dalam cerita tersebut berkisah tentang usaha dakwah Nabi Ilyasa kepada kaumnya. “Nabi Ilyasa mendakwahkan risalah dari Allah kepada kaumnya yang menyembah berhala,” terangnya.

Nur Aini, guru Pendidikan Agama Islam mengatakan kegiatan pembelajaran cerita ini untuk memudahkan siswa memahami alur sejarah Islam.

“Kegiatan ini lebih kepada belajar sejarah lewat cerita,” katanya.

Narasi cerita, kata Aini, dibuat oleh kelompok masing-masing. Tetapi tetap mengacu pada sejarah yang sudah ada. “Kami berikan keleluasaan siswa untuk mengaplikasikan kreatifitasnya,” tuturnya.

Harapannya, dengan kegiatan ini sejarah Islam mudah dipahami oleh siswa. “Dengan cerita lebih menarik,” pungkasnya.

Sumber : www.liputan6.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.