SAMBUT HARI SANTRI NASIONAL, SMP-SMK LUQMAN AL HAKIM KUDUS ADAKAN UPACARA DAN BAKTI SOSIAL

23 Oktober 2019
Comments 0
Category News dan Info
23 Oktober 2019, Comments 0
apel upacara hari santri nasional

Hidayatullahkudus.com – Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional, SMP-SMK Luqman Al Hakim Kudus melaksanakan Apel Upacara pada Selasa pagi (22/10) di Halaman Pondok Pesantren Hidayatullah Kudus. Upacara ini dihadiri oleh 105 Siswa dan juga Ust. Solih Hasyim selaku pembina upacara, dan turut pula dihadiri oleh Danramil dari Koramil 09/Kaliwungu. Ada yang unik dari kegiatan Apel Upacara kali ini, yakni penggunaan atribut lengkap khas Santri (Sarung, Koko dan Peci), baik Santri maupun Guru yang hadir saat upacara mengenakan atribut ini.

Dalam isi amanat apel upacara tersebut, Ust. Solih Hasyim mengatakan, dengan memperingati hari santri diharapkan para siswa lebih memahami pentingnya karakter diri sebagai seorang santri yang sholih dan sholihah, sadar diri dan peka terhadap sosial sehingga dapat melejitkan nilai religius didalam diri, tegasnya.

sambutan ustadz sholih hasyim
Artikel Terkait: Hari Santri Nasional & Arti Penting Resolusi Jihad dalam Sejarah RI

Selanjutnya, Acara dilanjutkan dengan Sholat Dhuha dan Kegiatan Bakti Sosial yang diikuti oleh seluruh siswa serta didampingi oleh para ustadz dan ustadzah. Kegiatan berupa kerja bakti membersihkan lingkungan pondok dan lingkungan sekitar wilayah Kedungdowo, Kaliwungu.

Ustadz Roby Muhtadi selaku Kepala Sekolah menjelaskan bahwa adanya kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari santri dan guna menanamkan kepedulian sosial dan keshalihan sosial siswa.

kerja bakti putra

Bakti Sosial ini mendapat respon positif dari para warga di sekitar pondok pesantren. “Kegiatan kerja bakti ini sangat baik dan bernilai positif. Selain itu dapat menumbuhkan softskill siswa yang berakhlakul karimah,” tutur Pengurus Masjid Baitussalam, Ust. Haniefan.

Artikel Terkait: SMK Luqman Al Hakim Kudus Luncurkan Aplikasi Portal Smk
kerja bakti putri

Acara Peringatan Hari Santri ini ditutup dengan serangkaian kegiatan lomba yang menyenangkan dan bermanfaat, beberapa lomba tersebut yakni Lomba Sari Tilawah, Lomba Kaligrafi, serta Lomba Berlatih Fisik seperti futsal bagi santri putra dan lomba ulat balon bagi santri putri.

Seperti diketahui, Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Harapannya dengan adanya peringatan Hari santri Nasional agar supaya menjadi bahan Refleksi bagi pemuda untuk selalu meningkatkan kualitas dan kuantitas diri para santri guna tetap memperjuangkan intelektualitas kemajuan bangsa indonesia. Dan juga diharapkan para pemuda dapat membaca dan merefleksikan secara seksama tentang sejarah para santri dan Kiyai memperjuangkan Bangsa ini. Tentunya harus siap pula menghadapi zaman yang akan datang. Yang sudah penuh dengan Era Digital dan Milenial, maka jika tidak tentang dengan keagamaan dan kepesantrenan yang disiapkan tentunya akan tersorot oleh zaman itu sendiri. (E/N | Editor: Realis Fachry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *