25 March 2014, Comments 0

Hidayatullahkudus.com – Banyak cara dilakukan untuk mengajarkan siswa mengenal lebih jauh tentang berbagai jenis binatang. Mulai membawa gambar-gambar binatang tersebut, menghimbau siswa membawa binatang ke sekolah, hingga mengajak siswa ke kebun binatang.

KBTK Yaa Bunayya,  menggelar hal serupa. Tetapi sedikit yang berbeda, kali ini sekolah tidak mengajak siswa ke kebun binatang, tetapi mengunjungi perusahaan susu milko yang berada di Kabupaten Jember.

Bertempat di kandang sapi, yang berada dikawasan belakang area perusahaan, sekitar 100 siswa mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Para siswa tampak antusias dengan kegiatan itu, pasalnya, mereka bisa belajar langsung bagaimana cara memerah susu sapi yang benar.

Sapi perah yang berada di kandang itu berjumlah puluhan dan ditangani oleh petugas dari perusahaan susu milko, mengatakan sangat senang para siswa KB TK Yaa Bunayya bersemangat ingin mengetahui cara memerah susu sapi.

“Kami mengajak siswa-siswi KB-TK Yaa Bunayya memulai kegiatannya dengan memberi makan sapi dengan 1 siswa membawa 1 buah rumput gajah untuk diberikan pada sapi perah, kemudian setelah semua selesai memberikan makan siswa-siswi belajar memerah langsung dengan cara bergiliran” jelas Petugas. Lebih lanjut Petugas mengatakan para siswa bisa mengetahui bagaimana sapi perah yang belum siap di perah dan sapi yang sudah siap diperah. Petugas kemudian mengeluarkan 2 ekor sapi perah untuk di bawa ke lapangan dan siswa mulai memerah satu demi satu.

Kepala Sekolah KB-TK Yaa Bunayya mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini sebagai wujud realisasi dari pembelajaran teori yang dipelajari selama beberapa hari dimasing-masing kelas.

“Kegiatan ini sebagai wujud praktek pembelajaran. Jadi siswa tidak hanya membayangkan hewan, tapi disajikan bentuk asli hewannya. Dan para siswa dapat menyentuh hewan-hewan itu secara langsung,” kata Nur Iffah, Sabtu (2/6/2012).

Selain itu, tambah Iffah, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk pengenalan siswa kepada hewan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Harapannya, kegiatan ini bisa memberikan pengetahun lebih luas tentang jenis hewan kepada para siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *